Permasalahan sulitnya pengairan kolam dan tambak kini mulai
terjawab. Tak hanya lebih murah dari sisi biaya pengadaan, pompa air
tenaga sepeda motor ini bahkan bisa dibongkar-pasang.
Subur Online – Memiliki lahan tambak atau kolam yang
jauh dari jalan raya dan jaringan listrik menjadi masalah tersendiri
bagi pembudidaya. Pasalnya, instalasi pompa air untuk urusan pasokan dan
pengurasan air membutuhkan listrik. Dibutuhkan pemasangan instalasi
listrik jauh hingga ke dalam area kolam dan tambak. Tentu saja,
urusannya terkait dengan biaya pemasangan yang ikut membengkak.
Menyiasati kesulitan listrik, pengadaan mesin diesel menjadi
alternatif. Sayangnya, biaya pengadaan mesin diesel tidak murah. Belum
lagi urusan pengadaan bahan bakar yang membutuhkan ruang penyimpanan
tersendiri. Sewa mesin diesel pun menjadi solusi. Lagi-lagi kendala
muncul. Sedikitnya pemilik mesin diesel mengharuskan para pembudidaya
harus rela mengantri. Tak hanya itu, ongkos sewa mesin pun menjadi tidak
terprediksi, tergantung tarif yang dipatok pemilik mesin diesel.
Solusi dari alat transportasi
Sepeda motor telah menjadi alat transportasi sehari-hari. Dengan
kemudahan-kemudahan yang disediakan para penjualnya, sepeda motor telah
menjadi barang yang bisa dimiliki oleh kalangan menengah ke bawah sekali
pun.
Memanfaatkan mobilitas sepeda motor yang mampu mencapai daerah-daerah
dengan jalan relatif sempit, juga potensi penggerak mesin yang
berputar, dimanfaatkanlah kuda besi tersebut sebagai penggerak mesin
pompa air modifikasi.
Cara kerja pompa air modifikasi ini cukup sederhana, yaitu
memanfaatkan putaran magnet sepeda motor untuk memutar kipas dalam pompa
air yang akan menyedot air. Poros atau as kipas pompa air langsung
dihubungkan dengan baut magnet sepeda motor. Agar air yang terhisap
tidak masuk ke ruang magnet motor, terdapat sekat yang kedap air.
Meskipun cara kerjanya tampak sederhana, tetapi alat yang dihasilkan
memiliki fungsi yang sangat berarti bagi para petani dan pembudidaya
ikan. Tak heran jika sebuah perusahaan alat motor di Surabaya
memproduksi pompa air modifikasi dengan penggerak sepeda motor ini
secara masal.
Spesifikasi pompa air tenaga sepeda motor ini dibuat dengan
menggunakan sepeda motor sebagai alat penggeraknya. Ukuran inlet 2 inchi
dan outlet-nya juga 2 inchi. Pada kondisi RPM stasioner atau gigi
netral, debit air yang dihasilkan sebesar 2,6 liter per detik. Daya
hisap vertikalnya mencapai kedalaman 8 meter.
Dengan harga relatif murah, berkisar Rp 600.000—800.000, pompa air
modifikasi berbahan plastik ini memiliki segudang keunggulan. Dengan
bobot berkisar 1,6 kilogram dan diameter berkisar 30 cm, pompa air ini
mudah dibawa ke daerah yang tidak terjangkau oleh transportasi berbadan
lebar, misalnya mobil. Jenis sepeda motor yang digunakan pun yang umum
dipakai kebanyakan orang.
Danang Nugroho, misalnya. Warga Umbulharjo Yogyakarta itu telah
mencoba mesin pompa air tenaga sepeda motor ini selama tiga hari untuk
sepeda motor Honda Astrea dan Yamaha Jupiter. Menurutnya tidak ada
masalah sama sekali.
Harga murah, instalasi mudah
Pompa air tenaga sepeda motor yang sudah banyak beredar ini cukup
mudah dalam instalasinya. Sebelum memasang pompa air pada mesin sepeda
motor, perlu disiapkan terlebih dahulu pipa PVC ukuran 2 inchi untuk
menyedot air dan pipa spiral berukuran sama. Penggunaan selang plastik
spiral yang lentur atau fleksibel akan memudahkan instalasi.
Pada bagian ujung pipa PVC yang dimasukkan ke dalam sumber air
dipasang filter air. Sementara pada ujung pipa spiral di pasang baut
konektor yang akan digunakan untuk menghubungkan selang spiral dengan
mesin pompa.
Langkah selanjutnya, buka penutup badan magnet pada sepeda motor yang
biasanya terletak di sisi kiri. Pada lubang dipasang as konektor sesuai
jenis sepeda motor yang digunakan. Bisa konektor motor Yamaha atau
Honda. Diikuti pemasangan piringan logam sebagai penghubung sepeda motor
dengan pompa. Pemasangan harus cukup kencang agar dudukan mesin pompa
tidak goyang.
Selanjutnya, pasang pompa. Perhatikan posisi lubang pipa penghubung
dengan as konektor agar pas. Kunci dengan baut agar stabil dengan kunci
ukuran 10.
Untuk menghindari panasnya mesin sepeda motor, pasang selang kecil
yang telah disediakan pabrikan. Masukkan salah satu ujungnya ke lubang
outlet pompa, lalu letakkan ujung satunya di atas mesin motor, tempat
kisi-kisi angin. Buatkan pengait dari kawat agar posisi ujung selang
selalu di atas mesin.
Agar proses penghisapan air lebih cepat, lakukan pemancingan dengan
memasukkan air ke dalam pipa dan selang spiral hingga penuh. Kemudian
pasang seal ke dalam baut pengencang untuk menghindari kebocoran. Pasang selang spiral ke lubang inlet, lalu kencangkan baut.
Isikan kembali air lewat lubang output hingga penuh, lalu nyalakan
mesin motor. Semakin kencang tarikan gas motor, debit air yang keluar
juga semakin besar.
Untuk menjaga agar tarikan gas tetap atau stasioner, atur baut pengatur tarikan gas pada kabel gas sepeda motor.
Menurut salah satu distributor pompa air tenaga sepeda motor di
Pariaman, Syafril, pemakaian pompa ini tahan 24 jam lebih. Bisa
digunakan untuk sepeda motor Honda dan Yamaha 4 tak, dengan tutup magnet
pada motor. Untuk satu liter bensin bisa digunakan selama 3,5 jam dalam
kondisi starter motor normal.
Tak hanya di Indonesia, pompa air dengan tenaga sepeda motor ini juga
sudah diterapkan di beberapa kawasan, seperti Cina dan Afrika. Tentu
saja, dengan modifikasi sesuai jenis sepeda motor yang ada di sana.
Dengan semua keunggulan yang dimiliki, pompa ini diharapkan bisa
memenuhi solusi kebutuhan pembudidaya terhadap pasokan dan pengurasan
air di kolam maupun tambak. (Rch)
Komentar
Posting Komentar