Bingung Memelihara Ayam Kampung di Pekarangan? Ini Solusinya

Beternak ayam kampung di sekitar rumah bagi sebagian orang merupakan kebutuhan. Ada yang beralasan sebagai hobi untuk bersenang-senang dan mengisi waktu senggang. Ada pula yang ingin memperoleh pendapatan tambahan dengan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan. Tapi, bagaimana jika ayam berseliweran di teras rumah dan merusak kebun tetangga?
Subur Online – Jangankan tetangga, pemilik ayam pun akan gemas hatinya melihat kotoran ayam yang berserakan di teras rumah, meja, atau pun bangku taman. Belum lagi tanaman sayur yang berantakan dan rusak akibat dimakan oleh si ayam kampung. Tak cukup mengomeli si pemilik ayam, beberapa orang bahkan memelihara anjing penjaga untuk mengusir unggas pembuat onar tersebut.

Namun, beternak ayam kampung di lahan pekarangan kini tidak perlu sampai memacu adrenalin akibat omelan para tetangga. Caranya dengan membuat Walking Wire Cages, kurungan berdinding kawat ram  yang ditujukan sebagai tempat ayam berjalan-jalan.

Konstruksi
Berbicara soal bentuk konstruksi, peternak bisa membuatnya dengan beragam bentuk sesuai selera. Bisa berbentuk kotak atau setengah lingkaran. Hal terpenting adalah rangka yang kuat untuk menunjang kekuatan struktur kurungan.

Agar tidak mudah tergeser akibat benturan yang disebabkan ayam dalam kurungan, baik ke arah samping atau pun ke atas atau benturan yang disebabkan gangguan dari luar kurungan, seperti sergapan elang atau anjing liar, rangka bagian bawah perlu dipantek ke tanah. Bisa juga dengan membuat patok-patok di sepanjang kurungan, lalu mengikatkan rangka ke patok tersebut.

Soal ketinggian, kurungan ini cukup dibuat lebih tinggi sedikit dari tinggi ayam, yang terpenting tidak terlalu rendah. Dengan demikian, ayam bisa beraktifitas di dalamnya dengan nyaman.
Tentang panjang kurungan, pemilik bisa membuatnya sepanjang yang diinginkan. Untuk memperpanjang jalur pergerakan ayam, kurungan bisa dibuat berkelak-kelok. Bisa sebagai pembatas petak kebun sayur atau bunga, bisa juga di sela-sela kolam ikan.

Walking Wire Cages langsung dihubungkan ke pintu keluar-masuk kandang, yang dibuat khusus untuk ayam. Berbeda dengan pintu keluar-masuk untuk pemilik.

Sumber foto: ecofilms.com.au
Sumber foto: ecofilms.com.au

Keuntungan
Banyak keuntungan yang bisa diambil dari pembuatan Walking Wire Cages ini, terutama bagi mereka yang ingin memelihara ayam kampung di sekitar perumahan.

Ayam tetap aktif dan sehat
Struktur dinding dari kawat ram sangat memungkinkan udara keluar-masuk dengan bebas. Di samping itu, sinar matahari bisa masuk dengan baik. Dengan begitu, ayam seperti beraktivitas di alam terbuka. Udara, cahaya matahari, dan aroma lingkungan terbuka tetap terjaga. Ayam pun bisa dengan aktif bergerak, berjalan-jalan atau berlari-lari.

Bagaimana jika hujan?

Ayam bisa segera berlari menuju kandang untuk berteduh. Tidak berteduh sembarangan dan membuat kotor teras rumah. Selain itu, pemilik juga bisa menempatkan peneduh di beberapa bagian kurungan yang menjadi jalur pergerakan ayam. Peneduh bisa dibuat dari terpal, plastik, atau bahan tahan air lainnya.

Pakan dan kotoran terlokalisasi
Dengan adanya jalur berupa kurungan ini, pemberian pakan tambahan berupa limbah dapur bisa terlokalisasi, tidak disebar di sembarang tempat. Tak hanya itu, dinding yang terbuka membuat ayam bisa tetap menunggu datangnya cacing dan serangga-serangga kecil yang tersesat masuk ke dalam kurungan sebagai pakan tambahannya.

Kotoran ayam juga terbatas hanya berada di sekitar bagian dalam kurungan. Dengan begitu, pemilik bisa dengan mudah menumpulkan kotoran dan memjadikannya pupuk untuk tanaman. Pembersihan kotoran dilakukan saat ayam mash berada di dalam kandang.

Terhindar dari sergapan binatang lain
Dengan adanya kurungan, ayam kampung yang beraktivitas di luar kandang bisa terlindungi dari serangan hewan liar, seperti elang, alap-alap, musang, atau pun anjing. Apalagi jika ayam kampung masih anakan. Agar lebih terlindungi, dinding kawat ram dipilih yang memiliki ukuran mesh kecil agar anakan ayam tidak bisa meloloskan diri ke luar kurungan.

Kebun tetap terawat
Nah, bagi pemilik ayam yang juga gemar berkebun, pembuatan kurungan ini bisa menjadi langkah penyelamat. Dengan membuat jalur kurungan yang tepat, ayam bisa ikut menikmati suasana kebun. Pemilik pun bisa menikmati pemandangan ayam di tengah-tengah kebun tanpa merasa takut tanamannya rusak.

Nah, bagaimana? Masih khawatir diomeli tetangga lagi? Jika tidak, jadilah orang pertama di lingkungan perumahan dengan membangun tipe kurungan ini. Maklum, belum banyak orang yang menerapkannya. Anda pun perlu bersiap-siap mendapat kunjungan karena pemandangan peternakan Anda yang unik ini. (Rch)

Komentar